Dokter lebih berbahaya daripada senjata

Hari
Kabarnya menurut statistik FBI, jumlah warga USA yang tewas di tangan dokter lebih banyak ketimbang kematian akibat senjata api.

Ini cuma “humor yang serius” dari TruthOrFiction. Di Amerika Serikat jumlah orang yang meninggal di tangan dokter konon lebih banyak ketimbang jumlah orang tewas yang tertembak pemilik senjata api.

* Menurut data Departemen Kesehatan USA, pada tahun 2008 terdapat 780 ribu dokter berizin di negara itu.
* Dr. J. Mercola pada tahun 2000 menulis buku Dokter urutan ketiga penyebab kematian di USA – 250 ribu orang tewas tiap tahun di tangan dokter. Buku itu menyebutkan 12 ribu orang mati karena operasi medis yang tidak seharusnya dilakukan, 7 ribu tewas karena kesalahan pemberian obat, 20 ribu tewas karena kesalahan lain pihak rumah sakit, 80 ribu tewas karena infeksi di rumah sakit, dan 106 ribu tewas karena efek negatif obat.
* Menurut data US Bureau of Alcohol, Tobacco, Firearms, and Explosives, pada 2002 jumlah kepemilikan senjata api di Amerika Serikat adalah sebanyak 294 juta.
* Pada tahun 2000 sebanyak 776 orang tewas karena tertembak senjata api tanpa disengaja.

Isu lain yang merebak di Internet:

* Jumlah dokter di USA 700 ribu; jumlah warga yang tewas di tangan dokter 120 ribu orang tiap tahun; maka persentase jumlah warga yang tewas di tangan dokter adalah 0,171 per satu dokter.
* Jumlah pemilik senjata api di USA 80 juta orang; jumlah kematian akibat tertembak senjata api secara tak sengaja/nyasar 1.500 orang per tahun; maka persentase jumlah warga yang tewas oleh pemilik senjata 0,000188 per satu pemilik senjata [data FBI].
* Maka dari angka tersebut, dokter 9 ribu kali “lebih berbahaya” ketimbang pemilik senjata.
* Dokter “membunuh” orang, senjata tidak.
* Tidak setiap orang punya senjata, tapi hampir setiap orang punya dokter pribadi/langganan.
Share On
YOUR COMMENT HERE